Minggu, 17 Juni 2012

Kecewa dengan Pelayanan Maskapai?, Nge-Tweet Saja

Kecewa dengan Pelayanan Maskapai Tweet Saja
Beberapa waktu lalu, seorang penumpang pria sebuah maskapai pesawat merasa kecewa dengan rasa sandwich yang disajikan. Bukannya menelepon, ia malah menggunakan Twitter untuk memberi tahu dunia atas kekecewaannya tersebut. 

Lalu, seorang karyawan maskapai penerbangan itu melihat tweet penumpang tersebut dan langsung menyampaikannya ke seorang pramugari yang beberapa menit kemudian bertanya pada sang penumpang, apa yang bisa ia lakukan untuk meredakan kekecewaannya. 

Nah, itulah cara menyampaikan keluhan termutakhir di era ini. Berkat teknologi situs jejaring sosial, khususnya Twitter, perusahaan penerbangan pun mampu meladeni para penumpangnya dengan cepat. Kini pun, sebagian besar perusahaan penerbangan telah memiliki akun Twitter yang memungkinkan penumpang untuk berkomunikasi dan yang lebih penting, memecahkan masalah secara real time, baik untuk masalah besar seperti terdampar di bandara atau kecil seperti makanan yang tak enak. 

Stuart Grief, wakil presiden untuk perjalanan global JD Power dan Associates, mengatakan bahwa kisah sandwich itu telah ia bahas dengan pihak eksekutif perusahaan penerbangan yang terlibat. Dari sana, terlihatlah manfaat media sosial untuk para wisatawan yang cukup pintar untuk menggunakannya. 

"Jika pelanggan memiliki masalah, cara tercepat untuk mengatasi hal itu yakni dengan media sosial," kata Grief. "Memang tidak selalu menyenangkan bila suatu kekurangan diketahui orang banyak. Tetapi jika memang ada sesuatu yang salah dengan operasi kami, penumpang bisa langsung meresponsnya dengan jauh lebih cepat dan kami pun dapat segera memperbaikinya." 

Di antara pengguna Twitter yang aktif adalah American Airlines yang telah mengirimkan tweet lebih banyak jika dibandingkan maskapai lainnya. Berikut beberapa maskapai penerbangan internasional yang memiliki followers terbanyak, seperti dimuat laman smh.com.au pada Rabu (13/6). 

@QantasAirways 17 ribu tweets; 82 ribu followers 
@JetstarAirways 10 ribu tweets; 33 ribu followers 
@VirginAustralia 9 ribu tweets; 63 ribu followers 
@TigerAirwaysAus 842 tweets; 5.500 followers 
@FlyAirNZ 14 ribu tweets; 68 ribu followers 
@AirAsia 11 ribu tweets; 406 ribu followers 
@SingaporeAir 697 tweets; 13 ribu followers 
@CathayPacific 3.300 tweets; 27 ribu followers 
@Flying_Emirates 337 tweets; 23 ribu followers 
@delta 4.600 tweets; 323 ribu followers 
@united 3.300 tweets; 113 ribu followers 
@EtihadAirways 620 tweets, 6 ribu followers 
@MAS (Malaysia Airlines) 5 ribu tweets, 133 ribu followers 
@IndonesiaGaruda 2.700 tweets, 61 ribu followers.

Sumber : MediaIndonesia


Jangan Lupa Share Kecewa dengan Pelayanan Maskapai?, Nge-Tweet Saja ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More