Rabu, 20 Juni 2012

Awas, Menguping Gosip Bikin "Tuli"

Awas, Menguping Gosip Bikin "Tuli"
Bagi sebagian besar wanita, mendengarkan gosip merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Tanpa sadar, saat mendengar informasi panas, seluruh perhatian tercurah pada pembicaraan.
Sebuah studi menemukan, orang yang sedang serius mendengar gosip tak mampu mendengar percakapan lain di sekitarnya. Lebih dari dua pertiga yang menguping gosip bahkan tidak menyadari kata yang diucapkan orang lain walaupun diulangi.

Para peneliti mengatakan, hal ini menjelaskan bagaimana percakapan intens bisa membuat kita "tuli" terhadap sekeliling.

Sebuah studi pada 1999 juga menemukan, orang yang tengah serius menonton pertandingan basket gagal melihat seorang pria dengan setelan gorila berjalan melewati dan memukul dadanya. Ini membuktikan, konsentrasi pada satu hal akan membuat kita 'buta' pada kejadian di depan mata.

Studi dari Royal Holloway, Universitas London ini menunjukkan, sama seperti indra penglihatan, hal yang sama juga terjadi pada pendengaran.

Pemimpin penelitian yang dimuat dalam Jurnal Kognitif, psikolog Dr Polly Dalton, mengatakan, "Penelitian ini menunjukkan bahwa kita dapat melewatkan suara bahkan yang sangat mengejutkan atau khas saat memperhatikan hal lain," ungkapnya seperti dikutip Daily Mail.

Hal tersebut, katanya berimplikasi pada dunia nyata. "Misalnya, saat berbicara di ponsel, orang akan cenderung mengurangi kesadaran dari suara-suara di sekeliling."
Sumber : VivaKosmo


Jangan Lupa Share Awas, Menguping Gosip Bikin "Tuli" ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More