Rabu, 27 Juni 2012

Inilah Arti Penting Kecoak Bagi Lingkungan

kecoa
Kecoak juga diperlukan untuk keseimbangan alam.
Populasi kecoak saat ini tergantung pada
jumlah populasi pemangsanya. (Guardian.co.uk).
Hampir setiap orang pasti ingin segera membunuh hewan satu ini ketika melintas di depan mata. Atau menatapnya dengan jijik. Namun jangan salah. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jadinya alam ini jika hewan bernama kecoak ini tidak ada. 

Menurut Srini Kambhampati, profesor dan kepala departemen biologi di Universitas Texas di Tyler, serangga satu ini merupakan sumber makanan penting bagi kebanyakan burung dan mamalia pemakan serangga seperti tikus. Bahkan manusia di beberapa bagian dunia ini juga menyantapnya.

Namun keberadaan kecoak tidak semata untuk disantap. Inilah yang menurut Kambhampati menjadikan binatang ini tidak akan punah, namun jumlahnya kemungkinan turun. 

Tawon parasit yang khusus menjadi parasit pada telur-telur kecoak inilah yang menurut Khambampati akan menyebabkan kecoak menjadi punah.

Begitu pula pengaruh keberadaan kecoak tergantung pada pemangsa-pemangsanya. Jika populasi pemangsa kecoak bertambah, maka keberadaan binatang ini akan terancam. 

Mengapa kita harus mengkhawatirkan populasinya yang terancam, karena ketiadaan kecoak akan mengacaukan sesuatu yang sangat vital bagi kita semua, yang disebut siklus nitrogen. 

“Kebanyakan kecoak makan benda-benda organik yang busuk yang menyimpan banyak nitrogen. Kegiatan makan yang dilakukan kecoak ini memiliki efek melepaskan nitrogen (dalam kotoran kecoak) yang kemudian masuk ke tanah dan digunakan oleh tumbuh-tumbuhan. Dengan kata lain, kepunahan kecoak akan memberi pengaruh besar bagi kesehatan hutan dan karenanya berpengaruh juga pada seluruh spesies yang hidup di hutan,” kata Kambhampati.

Inilah mengapa kecoak, semenjijikkan apa pun, kita tetap memerlukannya.

Sumber : BeritaSatu.com


Jangan Lupa Share Inilah Arti Penting Kecoak Bagi Lingkungan ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More