Selasa, 26 Juni 2012

8 Tips Sederhana Menurunkan Risiko Kanker

8 Tips sederhana menurunkan risiko kanker
Ada beberapa faktor luar penyebab kanker yang sebenarnya bisa dicegah. Anda pun sebaiknya memperhatikan berbagai tips sederhana untuk menurunkan risiko kanker seperti yang dilansir dari India Times (25/06) berikut ini.
Makan sayur, buah, dan gandum
Membiasakan diri untuk mengonsumsi ketiga jenis makanan tersebut adalah langkah pertama untuk menurunkan risiko serangan penyakit kanker. Sebab seluruh makanan itu mengandung nutrisi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh.
Mengurangi konsumsi daging merah
Daging merah sebenarnya mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Akan tetapi daging merah juga menyebabkan peningkatan jumlah lemak dan kolesterol. Mengurangi konsumsi daging merah dianggap mampu menurunkan risiko terkena kanker.
Kebiasaan memasak sehat
Anda pun sebaiknya mengurangi konsumsi masakan gorengan dan beralih mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat. Selain itu, apabila Anda masih kesulitan memasak makanan dengan cara lain, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat ketika menggoreng.
Mengurangi konsumsi alkohol
Sama seperti daging merah, alkohol sering ditemukan bermanfaat bagi peminumnya. Akan tetapi terlalu sering mengonsumsi alkohol justru bisa meningkatkan risiko penyakit kanker. Maka dari itu sebaiknya Anda membatasi satu gelas alkohol saja dalam sehari.
Menjaga berat badan
Semua orang tahu obesitas merupakan sumber dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Oleh karena itu sebaiknya Anda menjaga berat badan sesuai dengan BMI (Body Mass Index) agar terhindar dari serangan penyakit kanker.
Olahraga rutin
Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk berolahraga. Sebab meluangkan 15-30 menit setiap hari untuk bergerak aktif dan berolahraga lebih efektif mencegah kanker daripada olahraga satu kali saja dalam seminggu selama beberapa jam.
Menghindari stres
Beberapa penelitian telah membuktikan stres juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang. Maka dari itu sebaiknya Anda menghindari stres atau segera menyelesaikan berbagai masalah yang mengganggu pikiran untuk menjaga kesehatan tubuh.
Sering melakukan pemeriksaan
Meskipun Anda sudah menjalankan berbagai tips tersebut di atas, ada baiknya Anda juga sering melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk mengetahui perkembangan kesehatan Anda.
Semoga informasi mengenai tips sederhana menurunkan risiko kanker tersebut di atas bermanfaat bagi Anda!.
Sumber : Merdeka.com


Jangan Lupa Share 8 Tips Sederhana Menurunkan Risiko Kanker ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More