Jumat, 15 Juni 2012

72 Jam Video Diunggah ke YouTube Tiap Menit

Usia situs video-sharing YouTube telah lebih dari 7 tahun. Meski terbilang berusia muda, YouTube menjadi salah satu situs terpopuler dunia.

Mengutip laman GigaOm, perkembangan YouTube tahun ini pun melesat 50 persen dari tahun lalu. Jika tahun lalu tercatat ada 48 jam video yang diunggah (upload) dalam satu menit, kini dalam satu menit terdapat 72 jam video yang diunggah di YouTube.

Data ini diungkap YouTube kemarin, sebagai peringatan ulang tahun mereka yang ketujuh. Rekor ini diharapkan bisa menjadi pijakan YouTube untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Jumlah video yang diunggah di YouTube sebenarnya terbilang menanjak secara stabil. Di awal tahun 2007 misalnya, tercatat 15 jam video yang diunggah tiap satu menit. Angka itu kemudian meningkat menjadi 24 jam per menit di Maret tahun 2010, dan 35 jam per menit di November 2010.

Secara resmi, YouTube sebenarnya berdiri pada Mei 2005. Namun, video yang pertama diunggah di YouTube tercatat pada 23 April 2005. 

Video itu dibuat oleh salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim. Di video itu Jawed terlihat berada di depan kandang gajah di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat. 

Dalam video itu, Jawed menyebut video diunggah jam 8.27 malam, pada hari Sabtu, tanggal 27 April 2005. Video diambil oleh Yakov Lapitsky, dan berdurasi selama 19 detik.

Tapi 19 detik di video itulah yang menjadi tonggak awal perkembangan video internet dan media sosial. YouTube pun semakin berkembang saat dibeli Google, dengan harga US$ 1,65 miliar di November 2006.

Rekor streaming pun diraih YouTube di Januari 2012. Saat itu, Reuters menyebut situs yang dibuat oleh Jawed Karim bersama Chad Hurley dan Steve Chen ini mencatat angka 4 miliar video streaming tiap hari.

Sumber : VivaNews


Jangan Lupa Share 72 Jam Video Diunggah ke YouTube Tiap Menit ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More