Jumat, 04 Mei 2012

Pria Nepal Ini Telah 21 Kali Sampai di Puncak Everest

Kathmandu - Usia boleh tua, tapi stamina boleh diadu. Inilah yang membuat Apa, seorang pria asal Nepal mencatatkan dirinya sebagai pemegang rekor terbanyak mencapai puncak Gunung Everest.

Dilansir CNN, pada Rabu lalu, Apa yang kini berusia 52 tahun dan bekerja sebagai pemandu wisata ini tercatat sudah 21 kali mencapai puncak salah satu gunung tertinggi di dunia itu.

Penduduk lokal yang biasa disebut dengan sherpa ini, pertama mendaki Everest pada tahun 1990 sambil membantu ekspedisi internasional mendaki gunung tertinggi di dunia.

Namun sejak 2008, Apa telah mendaki gunung Himalaya dan mencapai puncak Everest sebagai bagian dari sebuah ekspedisi untuk memperhatikan dampak perubahan iklim dan mengumpulkan sampah di gunung itu.

Ia mulai dari Camp IV pada ketinggian 7.950 meter dengan lima pendaki lain pada Selasa malam dan mencapai pada hari Rabu pagi. Demikian menurut Asia Trekking, yang menyelenggarakan ekspedisi.

Sherpa adalah pemimpin pendakian dari sebuah ekspedisi, yang mengumpulkan sampah seperti tabung oksigen, tiang tenda, tenda dan peralatan pendakian lainnya dari gunung Himalaya.

Sumber : Today.co.id


Jangan Lupa Share Pria Nepal Ini Telah 21 Kali Sampai di Puncak Everest ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More