Senin, 30 April 2012

Trik-trik Iris Bawang Tanpa Nangis

detail berita
Air mata menjadi momok saat mengiris bawang merah atau bawang bombay.  Meski jarak memotong sudah jauh, air mata tetap sekonyong-konyong keluar, jadi perlu trik ketika mengirisnya.

Ada banyak cara untuk menangkal 'pedas' bawang agar tidak keluar air mata saat memotongnya. Banyak yang bilang dengan mengemut roti, lainnya mengatakan memotong bawang dekat dengan lilin atau meletakkan air di bawah talenan saat memotongnya.

Daripada bingung, perhatikan beberapa trik mengiris bawang tanpa air mata, seperti diulas Eatingwell:

Lebih baik cincang
Mencincang dan memotong adalah dua hal yang berbeda. Mencincang, bahan makanan akan dipotong dalam ukuran lebih halus dibanding memotong. Nyatanya, memotong dengan tergesa-gesa dan sembarang akan menyebabkan air mata keluar.

Proses memotong merusak dinding sel bawang, yang turut melepaskan senyawa kimia tertentu di dalamnya, menyebabkan air mata keluar. Semakin dinding sel bawang rusak, maka semakin banyak senyawa kimia yang keluar dan air mata akan terus mengalir.

Sebagai triknya, cincanglah bawang. Potong menjadi dua bagian. Melalui ujungnya, kupas kulit dan lakukan pemotongan bawang secara vertikal atau mengikuti garis alami yang ada pada bawang.

Kemudian, buatlah beberapa potongan horizontal, sejajarkan pisau Anda dengan talenan. Langkah terakhir adalah memotong bawang secara vertikal lagi, lakukan dengan tegak lurus seperti pemotongan pertama. Anda bisa memotong dengan bentuk dadu agar dinding sel bawang lebih utuh.

Dinginkan bawang sebelum dipotong
Bawang tidak sebaiknya disimpan pada suhu yang sangat dingin. Namun sebelum dipotong, Anda bisa melakukannya, rendam bawang dalam mangkuk berisi air es selama 30 sampai 60 menit sebelum dipotong.

Kadar dingin akan memperlambat senyawa kimia bawang yang biasanya keluar saat diiris. Jadi, Anda akan mudah memotong bawang tanpa mengeluarkan air mata. Cara lainnya, simpan bawang pada freezer pada 30 atau lebih sebelum dipotong.

Gunakan penghalang
Untuk menghindari mata berair saat mengiris bawang, Anda bsia menggunakan kacamata. Trik ini mungkin terlihat sederhana, tapi cukup bagus untuk menangkal 'pedas' bawang. Gunakan kacamata jenis apapun, asalkan Anda merasa nyaman memakainya.

Sumber : Okezone
Setau gue supaya ngak nangis saat mengiris bawang, nguyah permen karet, entah apa hubuganya...


Jangan Lupa Share Trik-trik Iris Bawang Tanpa Nangis ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More