Jumat, 08 Juni 2012

Wow, Dermaga Raksasa dari Tsunami Jepang Terdampar di AS

Wow, Dermaga Raksasa dari Tsunami Jepang Terdampar di AS
.Potongan besar dermaga dari tsunami Jepang terdampar di Pantai Oregon AS.
OREGON - Dermaga sangat besar yang terbongkar selama tsunami dahsyat di Jepang tahun lalu dihanyutkan arus dan tiba di pantai Oregon,AS pekan ini, dan kini pihak berwenang berdebat mengenai cara memindahkannya.
"Ini adalah benda pertama yang telah hanyut sehingga terasa cukup unik untuk mengkonfirmasi bahwa itu memang berasal dari tsunami," kata Juru Bicara bagi Oregon Parks and Recreation Department,Chris Havel Rabu (6/6).
Konsulat Jepang, Rabu, mengkonfirmasi dermaga tersebut berasal dari tsunami. "itu berasal dari satu daerah di pantai Timur-laut Jepang," kata Havel.
Oregon bekerja sama dengan negara lain West Coast, pemerintah federal, organisasi nir-laba dan yang lain untuk mengkoordinasikan pembersihan puing itu. Jepang telah memperkirakan sebanyak 1,5 ton puing mungkin telah hanyut.
Sebagian besar dermaga sepanjang 20 meter tersebut terbuat dari beton dan logam, dan ada plakat logam kecil yang ditempeli tulisan dalam bahasa Jepang.
Dermaga itu, Selasa pagi, hanyut ke Agate Beach, yang indah, tepat di sebelah utara Newport, Oregon, sekitar 177 kilometer di sebelah barat-laut Portland.
Oregon segera bertindak untuk melakukan pemindahan, kendati ada pertanyaan mengenai siapa yang mesti membayar kegiatan tersebut.
"Kami akan menanggung biayanya sekarang," kata Havel sebagaimana dikutip Reuters. "Namun dalam peristiwa tidak biasa seperti ini, apakah ada cara lain untuk mengatasinya? Kami sungguh tidak tahu itu pada saat ini."
Pihak berwenang sedang mempertimbangkan cara terbaik untuk memindahkan dermaga tersebut dari pantai, kata Havel, dan bahkan mempertimbangkan untuk melucutinya di pantau atau menariknya kembali ke laut.
Dermaga itu diperiksa tak mengandung radiasi, yang menjadi keprihatinan akibat radiasi besar yang rembes dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi setelah gempa dengan kekuatan 9,0 pada skala Richter pada Maret 2011.
Sumber : Republika


Jangan Lupa Share Wow, Dermaga Raksasa dari Tsunami Jepang Terdampar di AS ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More