Kamis, 07 Juni 2012

Sering Dianggap Bersih, 4 Tempat Ini Justru Sarang Kuman


Anda merasa rumah yang Anda tinggali sudah bersih dari serangan kuman? Eits, ternyata beberapa lokasi yang sering kita Anggap bersih, justru menjadi sarang bagi kuman. Apa aja sih tempat-tempat itu ya? Yuk, cari tahu bersama, yang dilansir melalui Men'sHealth (6/6).

Bak cuci piring
Ketika Anda membiarkan piring kotor menumpuk selama beberapa hari, maka pertumbuhan bakteri akan selalu meningkat. Dan jika Anda tidak menyadarinya, ternyata sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan di piring malah menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Jika Anda tidak mau langsung mencuci piring sehabis makan, maka bilas piring dengan larutan pemutih ringan untuk membunuh bakteri sehingga Anda bisa membiarkan piring menumpuk.

Sikat gigi
Sebuah penelitian di tahun 2011 di Microscopy Research and Technique menemukan bahwa hampir setengah sikat gigi yang belum pernah digunakan tercemar bakteri. Akan menjadi lebih buruk ketika Anda menyikat gigi menggunakan sikat gigi tersebut.

"Mulut Anda akan berisi lebih dari 500 jenis bakteri," jelas Philip Tierno Jr, direktur mikrobiologi dan imunologi di NYU Langone Medical Center.

Peneliti menyarankan agar merendam bulu sikat gigi dengan obat kumur mengandung klorida cetylpyridinium selama 20 menit untuk mematikan bakteri. Gunakan juga sikat gigi dengan 'helm' untuk mencegah bakteri, karena bakteri suka di tempat yang lembap atau basah.

Mesin cuci
Banyak yang tak menyadari jika mesin cuci ternyata menjadi sarang bakteri. Banyak bakteri melekat pada pakaian kotor Anda. "Jika Anda mencuci beberapa pakaian, Anda mentransfer sekitar 500 juta bakteri E. coli ke mesin cuci, dan mungkin memindahkan bakteri ke baju lain," ungkap Charles Gerba, mikrobiolog di Universitas Arizona.

Gerba menyarankan Anda untuk mencuci baju berwarna putih dahulu dengan menggunakan pemutih klorin. Klorin dipercaya bisa membersihkan mesin cuci dari bakteri. Terakhir, barulah Anda boleh mencuci pakaian dalam menggunakan air panas.

Spons
Jangan berpikir kalau spons itu tempat yang bersih karena selalu terkena sabun. Ternyata, spons menjadi sarang favorit kuman lho.

Dalam penelitian terbaru di Simmons College, hampir sepertiga dari spons dapur yang diuji ternyata dua kali lebih kotor daripada toilet Anda. Untuk mengurangi jumlah kuman di spons basah, coba taruh dalam microwave selama satu menit untuk membunuh bakteri.

Sumber : Ghiboo.com


Jangan Lupa Share Sering Dianggap Bersih, 4 Tempat Ini Justru Sarang Kuman ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More