Selasa, 10 April 2012

7 Penyakit yang Ditularkan Hewan

detail berita
Hobi memelihara binatang memang menyenangkan. Namun, Anda perlu waspada dengan penyakit yang ditularkan hewan.
 
Penyakit zoonosis merupakan infeksi yang dapat ditularkan hewan hidup pada manusia. Kata zoonosis sendiri berasal dari bahasa Yunani,zoon (hewan) dan nosos (penyakit). Hewan vertebrata merupakan sumber utama infeksi zoonosis.
 
Meskipun hewan yang terinfeksi merupakan sumber penyakit zoonosis, penularan antar manusia juga dapat dilakukan. Berikut tujuh penyakit yang ditularkan hewan pada manusia, seperti dilansir Health24.
 
Toksoplasmosis
 
Kotoran kucing adalah titik kontak yang biasa menjadi penyebab manusia terkena toksoplasmosis. Cuci tangan setelah menyentuh kotoran kucing  dan wanita hamil harus berhati-hati.
 
Salmonella
 
Memiliki hewan reptil sebagai sahabat bermain di rumah, berarti Anda berpotensi terkena penyakit dari bakteri salmonella.
 
Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa infeksi salmonella biasanya datang dari makanan yang terkontaminasi. Namun, kuman ini bisa datang melalui orang yang berinteraksi langsung dengan hewan, termasuk reptil dan amfibi.
 
Hewan reptil yang favorit dipelihara adalah kura-kura, kadal, katak, iguana, tokek, dan ular.
 
Flu burung
 
Avian influenza atau flu burung disebabkan virus yang ditemukan dalam unggas yang terinfeksi. Biasanya, penyebab penularan pada manusia adalah unggas peliharaan seperti ayam, bebek, dan kalkun.
 
Wabah
 
Wabah penyakit bakteri berbahaya saat ini memang kurang umum di zaman modern. Wabah penyakit biasanya disebar melalui kutu dari tikus dan hewan pengerat lainnya.



Rabies
 
Sebuah gigitan dari hewan terinfeksi dapat menyebabkan infeksi dengan virus yang menyebabkan peradangan pada otak.
 
Hampir semua kasus rabies, virus memasuki tubuh melalui air liur hewan yang terinfeksi. Biasanya dengan menggigit, tetapi juga dapat menular jika air liur yang terinfeksi masuk ke luka terbuka atau percikan dalam selaput lendir seperti mata, hidung, atau mulut. Dari titik air liur itu masuk, virus rabies bergerak sepanjang sel-sel saraf ke otak.
 
Hanya mamalia sebagai perantara penularan virus rabies, seperti anjing, kelelawar, rubah, dan lainya. Burung, reptil, amfibi, dan ikan tidak dapat menyebarkan virus rabies. Antisipasi terbik saat ini adalah vaksin rabies atau mengaplikasikan vaksin ini segera setelah tak lama terpapar penyakit.
 
Ebola
 
Ebola adalah virus demam berdarah yang parah. Ebola dapat menyerang manusia melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi seperti simpanse, gorilla, dan kelelawar.
 
Giardia
 
Parasit usus seperti giardia dapat menyerang manusia ketika air minum terkontaminasi dengan kotoran ternak, seperti hewan unggas.



Sumber : OkezoneHealth1, OkezoneHealth2


Jangan Lupa Share 7 Penyakit yang Ditularkan Hewan ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More