Rabu, 30 Mei 2012

7 Tips Selamat Dari Gempa Bumi

7 Tips Selamat Dari Gempa Bumi
Lagi-lagi gempa bumi mengguncang daratan Nanggroe Aceh Darussalam. Bukan tidak mungkin bencana mematikan itu datang juga ke kota Anda. Ada beberapa cara agar Anda tetap selamat. Simak tips GudegNet berikut ini!
Tenang
Gempa bumi menjadi bagian dari realitas hidup masyarakat Indonesia. Tak perlu panik, asalkan tahu cara menyelamatkan diri kemungkinan besar Anda akan selamat.
Berlindung
Berlindunglah di bawah meja sambil menutupi kepala dan leher Anda dengan siku tangan. Anda bisa juga berdiri di balik pintu. Gunakan perabotan yang kokoh untuk melindungi diri dan selalu siap jika sewaktu-waktu bergeser atau bergerak.
Menjauh
Sebaiknya Anda bergerak menjauh dari interior di dinding, benda-benda di garasi atau di dapur yang kemungkinan menimpa Anda. Selama berlari, tetap gunakan siku tangan untuk melindungi kepala dan leher Anda.
Carilah ruang terbuka
Jika Anda berlari ke luar ruangan, carilah tempat yang jauh dari pohon, tembok, tiang dan gardu listrik.
Menepi
Jika Anda sedang mengemudi, maka cara terbaik ialah menepi ke bahu jalan. Tetaplah berada di dalam mobil sampai goncangan selesai.
Jauhi rak
Sebaiknya Anda menjauhi rak barang di supermarket atau di toko ketika terjadi gempa. Jangan berlari menuju pintu keluar. Biasanya terjadi kepanikan yang membuat Anda terjatuh karena terdorong, atau bahkan terinjak pengunjung lain.  Cobalah tetap melindungi kepala dan leher dengan lengan Anda.
Tetap duduk
Jika gempa terjadi ketika Anda di stadion, maka cara terbaik ialah tetap duduk, lalu melindungi kepala dan leher dengan lengan Anda.
Semoga artikel di atas membuat Anda jauh lebih siap menghadapi gempa. Seperti kutipan dialog dalam film Bourne Ultimatum: persiapkanlah kemungkinan terburuk, tapi tetap berharaplah yang terbaik.
Sumber : Gudeg.net


Jangan Lupa Share 7 Tips Selamat Dari Gempa Bumi ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More