Kamis, 31 Mei 2012

10 Makanan Sehat yang Harganya Murah

detail berita
Tahu.
Banyak makanan sehat berkualitas, sayang harganya tidak cukup murah. Kenyataannya tidak selalu demikian karena banyak makanan sehat yang harganya terjangkau.
 
Untuk mendapatkan makanan sehat, sesuaikanlah dengan anggaran. Tak perlu beranggapan bahwa membeli makanan sehat butuh merogoh koceh dalam.
 
Simak beberapa makanan sehat yang harganya tergolong murah, seperti diulas Realsimple:
 
Apel
Apel sarat dengan pektin yang mampu menurunkan kadar glukosa dan kolesterol jahat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa apel bisa meningkatkan daya ingat.
 
Harga apel pun sangat bervariasi, tergantung musimnya. Bila sedang panen, apel akan sangat berlimpah sehingga otomatis harganya menjadi lebih murah.
 
Brokoli
Brokoli adalah sayuran tinggi kalsium, vitamin C, serta antioksidan. Brokoli terbukti membantu mencegah kanker dan osteoporosis. Sayuran hijau kaya serat ini juga menjadikan pencernaan lebih sehat.
 
Coklat murni
Tak perlu ada perasaan bersalah ketika mengonsumsi cokelat murni (dark chocolate) karena manfaat kesehatannya bisa Anda raih. Cokelat ini tinggi antioksidan dan flavonoid, dan penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi potongan kecil cokelat, sekira 1,6 ons, setiap hari bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Cokelat ini juga mengandung endorfin dan serotonin yang memiliki efek antidepresi.

Telur

Dengan mengonsumsi telur, setidaknya bisa telah terhindar dari penyakit katarak. Putih telur kaya protein, bebas lemak, dan bebas kolesterol sedangkan kuning telur mengandung kolin, yang berfungsi mengatur sistem saraf dan jantung.

Pepaya

Segarnya buah pepaya merupakan makanan yang ideal untuk mencegah perut kembung. Pepaya juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung. Dan untuk kecantikan kulit, pepaya bisa membuat kulit tampak bersinar.



Kentang
kentang memiliki banyak fungsi kesehatan untuk tubuh, mulai bagian daging hingga kulitnya. Kentang sangat sarat vitamin B6, yang berfungsi sangat penting dalam pembentukan sel dan fungsi sistem saraf.
 
Quinoa
Bagi Anda yang belum pernah mendengar dan mencicipi quinoa, sudah saatnya berkenalan lebih jauh. Makanan ini bebas gluten, dengan bentuk yang mirip keluarga biji-bijian lainnya. Quinoa tinggi kalsium, zat besi, serta protein, dan seperti keluarga biji-bijian lainnya, quinoa melindungi tubuh dari serangan jantung.

Tahu
Tahu mudah ditemukan di mana saja. Tahu merupakan sumber protein nabati, yang berguna melindungi tubuh dari penyakit asma. Tahu pun tinggi kadar kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang.
 
Yoghurt
Yoghurt membantu tubuh jauh dari infeksi jamur. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, sebaiknya pilih yogurt tawar.
 
Kacang-kacangan
Bila pistachios dan macadamia tergolong mahal, kacang-kacangan, seperti kenari, cenderung lebih murah. Kacang-kacangan tersebut merupakan pilihan camilan yang tepat karena menjaga perut kenyang lebih lama.
 
Selain itu, kacang tinggi kandungan asam omega-3 yang baik untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung. Kacang-kacangan juga sumber protein dan serat yang baik.



Sumber : Okezone1, Okezone2


Jangan Lupa Share 10 Makanan Sehat yang Harganya Murah ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More