Selasa, 27 Maret 2012

Bumbu Rendang Siap Diekspor ke Jerman

Padang - Sumatra Barat berpeluang mengekspor bumbu rendang ke Indo-Market Berlin, Jerman. Sumatra Barat mendapat tawaran dari pengusaha Indonesia di negara itu.

"Beberapa kesepakatan telah dibuat dengan sejumlah perantau terkait pengiriman bumbu masakan dari Sumbar secara rutin untuk pengembangan usaha kuliner khas Minang di luar negeri, khususnya di Jerman," kata Ketua Tim Penggerak PKK Sumatra Barat Nevi Irwan Prayitno di Padang, Jumat (23/3).

Menurut Nevi, peluang tersebut harus dimanfaatkan untuk terus mengembangkan bumbu natural kuliner khas Minang, khususnya rendang. Sumatra Barat harus mampu mengelolanya untuk memenuhi permintaan dalam dan luar negeri.

"Mengirim rendang ke luar negeri belum dapat dilakukan, karena terkendala proteksi terhadap daging asal Indonesia. Sementara peminat kuliner khas Sumatra Barat, terutama rendang, cukup banyak di luar negeri," katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Sumatra Barat, Ratnawilis, menambahkan, kesepakatan mengirim bumbu masakan dari Sumatra Barat secara rutin untuk pengembangan usaha kuliner khas Minang merupakan hasil dari kegiatan festival kuliner di Berlin.

Sumatra Barat merupakan peserta Festival Kuliner Indonesia 2012 di Berlin, Jerman, pada 9-12 Maret 2012. Mereka menampilkan 17 ragam masakan khas Minang. "Untuk merespons peluang itu, kita mengadakan program pengembangan rendang di kabupaten dan kota dengan melibatkan kaum perempuan putus sekolah," kata Ratnawilis.


Jangan Lupa Share Bumbu Rendang Siap Diekspor ke Jerman ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More