Senin, 23 April 2012

Fakta Unik Dibalik Logo-logo Mobil Terkenal

Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.

Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil kesayangan.
 

Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting -- memperkenalkan produk ke pasar dunia.
 

Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.
 

Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
   
Mercedes Benz 


Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara.
 

Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes.
 

Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes.
 

Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz.
 

Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
 

Audi
 

Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899.
 


Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
 

Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur et altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?]
 

Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'.
 

Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.
 

Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.
 

BMW 

Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.
 

Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.
 

Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.
 

Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
 

Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang mendunia.
 

Chevrolet
 

Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.
 

Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912. 


Ferrari
 

Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik.
 

Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang Italia yang gugur dalam perang.
 

Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
 

Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan. 


Ford
 

Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.
 

Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
 
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.
 

Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama.
 

Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company.
 

Lamborghini
 

Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.
 

Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya.
 

Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
 

Renault
 
 
Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel.
 

Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I.
 

Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
 

Volkswagen
 
 
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia.
 

Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru.
 

Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.
 

Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess.
 

Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman.
 

Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil.
 

Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya.
 

Volvo
 
 
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar. 


Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.
 

Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.
 

Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. 


Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru. 

Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya.
 

Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.
 

Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia. 


Hyundai

 
Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.
 

Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan dan pelanggan -- sedang berjabat tangan.
 

Toyota
 
 
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.
 

Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval.
 

Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota.
 


Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.

Sumber : http://menujuhijau.blogspot.com/2010/10/fakta-unik-dibalik-logo-mobil-terkenal.html

7 Macam Pelukan Wajib Anda Tahu

detail berita
BERPELUKAN dengan anak memberikan manfaat yang lura biasa. Agar Anda bisa mempraktikkan aktivitas menyenangkan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tujuh macam pelukan.

Berikut ini penjelasan Jovita Maria Ferliana Mpsi, staf pengajar Fakultas Psikologi Ukrida.
 
- Butterfly kisses adalah berpelukan ala orang eskimo dilakukan oleh orangtua bersama sang anak. Mereka berpelukan kemudian menggesek-gesekkan hidung bersama.
 
- Pelukan bear adalah pelukan dengan merengkuh seluruh tubuh dengan satu tangan di pinggang dan satu tangan di bahu. Bertujuan memberikan rasa nyaman, disayang dan bisa diberikan saat anak sedang sakit, sedih atau takut.
 
- Pelukan pipi adalah memeluk si kecil dengan kedua tangan Moms kemudian satu pipi Moms menempel di pipi si kecil. Bertujuan membangkitkan rasa bahagia atau senang lebih efektif lagi ketika Moms dan si kecil dalam keadaan tenang serta rileks.
 
- Pelukan sandwich adalah pelukan cepat dengan posisi sambil duduk mata menatap kemudian berpelukan. Bertujuan memberikan rasa nyaman dan aman terutama jika si kecil sedang mengalami emosi yang negatif atau sedih.
 
- Peluk tepuk-tepuk adalah pelukan tepuk sebelah tangan Moms di bagian punggung si kecil posisi kepala si kecil bersandar di bahu Moms. Bertujuan menenangkannya saat ia sedang sedih atau menangis.
 
- Pelukan dada adalah pelukan dengan saling menatap dan lengan saling memeluk pundak. Bertujuan memberitahukan bahwa Moms bahagia atas kesuksesannya si kecil.
 
- Pelukan rindu adalah pelukan kangen keluarga besar seperti nenek, kakek atau paman dan bibi yang sudah lama sekali tak bertemu, biasanya lama dan sedikit berayun-ayun. Bertujuan memberikan kehangatan dan kebahagiaan di tengah keluarga besar.

Okezone

Kepiting Ungu Ditemukan di Filipina

Empat spesies kepiting air tawar baru yang memiliki warna ungu ditemukan di Filipina. Jenis kepiting tersebut ditemukan di bawah bongkahan batu besar dan akar pohon di aliran sungai. Diketahui, kepiting itu memakan tanaman mati, buah, dan bintang kecil yang ada di sungai pada malam hari.

Keunikan dari kepiting yang ditemukan adalah memiliki cangkang berwarna ungu dengan capit dan kaki yang berwarna merah. 

"Telah diketahui bahwa kepiting bisa melakukan pembedaan warna. Sepertinya pewarnaan ini punya kaitan erat dengan fungsi sinyal dalam perilaku sosial," kata Hendrik Freitag dari Senckenberg Museum of Zoology, Jerman.

"Ini menjelaskan mengapa pejantan besar pada berbagai spesies Insulamon punya warna lebih merah dibandingkan betina kebanyakan dan anakan yang berwarna ungu," tambah Freitag seperti dikutipAFP, Sabtu (21/4/2012).

Kepiting tersebut tepatnya ditemukan di wilayah Palawan. Kekayaan hayati kepiting di wilayah ini telah diteliti sejak tahun 1980, di mana saat itu ditemukan spesies Insulamon unicorn.

Studi lanjut kemudian menemukan spesies kepiting lain yang juga termasuk dalam genus Insulamon

"Berdasarkan material yang ada, lima spesies lain ditemukan, empat di antaranya baru dalam ilmu pengetahuan," kata Freitag, yang memublikasikan temuannya di Raffles Bulletin of Zoology National University of Singapore.

Spesies kepiting terbesar yang ditemukan bernama Insulamon magnum berukuran 53 mm x 41,8 mm. Sementara yang terkecil, Insulamon porculum, berukuran 33,1 mm x 25,1 mm.

Dua spesies lain yang ditemukan bernama Insulamon palawense dan Insulamon johannchristiani.

Studi Conservation International menyatakan bahwa Filipina termasuk 17 negara yang kaya keanekaragaman hayati. Namun, sama seperti Indonesia, banyak wilayah di Filipina juga menghadapi ancaman. Habitat kepiting ungu adalah salah satu yang terancam oleh aktivitas pembangunan, pertambangan, dan pertanian. Semakin terbatas habitat, keberadaan kepiting ungu semakin terancam.

Kompas

10 Fakta Konyol Tapi Masuk Akal

Fakta - fakta memang membantu kita untuk mengetahui berbagai Informasi Dunia. Berikut adalah 10 Fakta Konyol tapi Masuk Akal yang Membuat Anda Ketawa dan Ngakak. Tapi jangan Diikutin yah!, Checkibrot:


1. Kertas terbuat dari kayu, belajar membutuhkan banyak kertas (baca: buku). Jadi, dengan tidak belajar berarti kita telah mendukung gerakan Go Green!

2. Menjadi perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif, oleh karena itu marilah kita aktif merokok!

3. Makan sayur bikin kurus? Coba kalian bandingkan kuda nil yang vegetarian dan macan yang karnivora. Mana yg lebih kurus? jwbnya macan

4. Makan makanan kotor bikin diare? Tapi saya belum pernah dengar ada lalat yang mencret.

5. Gigit kuku merupakan kebiasaan buruk? Tahukah kamu kalau kuku tangan empat kali lebih cepat tumbuh daripada kuku kaki, untuk apa? UNTUK DIGIGITIN. <<kagak ada kerjaan

6. Mengurangi makan akan membuat anda kurus? Coba liat paus biru, mereka hanya makan plankton dan mereka hewan paling besar yang hidup di dunia Sekarang. Jadi, kenapa mesti repot-repot diet? kalau pada akhirnya anda bisa saja terkena bulemia

7. Berlari dapat membuat jantung anda sehat dan memperpanjang umur. Coba kita lihat kura-kura. Jalannya amat lamban dan dapat bertahan hingga 100 tahun. Jadi kenapa harus repot-repot lari?

8. Orang-orang berpendapat bahwa nge-gym bisa ngurusin badan. Tapi tahu gak kalau Ade Rai itu beratnya berkisar antara 85-100kg. So, kenapa harus repot-repot "nge-gym"?

9. Minyak berasal dari kelapa yang merupakan tumbuhan. Berarti makan gorengan kita vegetarian. Jerawat merupakan bentuk pertahanan diri akan bakteri di pori-pori wajah, orang yang mempunyai antibodinya lebih sensitif lebih rentan jerawatan, HIV merusak antibodi kita. Jadi, supaya gak jerawatan, silahkan kena AIDS.


10. Ngapain makan , kalo nanti laper lagi.

Sumber

Sejarah Berdirinya Universitas Indonesia

Universitas Indonesia pertama kali dinamai pada tahun 1950 setelah idonesia merdeka pemerintah Belanda menyerahkan universitas tersebut kepada pemerintah Indonesia. Awalnya dikenal dengan Universiteit Van Indonesie yang didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1946.

Universitas Indonesia sudah pernah terbentuk  sejak tahun 1851. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan dan sekaligus sekolah dokter pertama di indonesia. pelajar yang masuk diberikan  pelatihan kedokteran selama dua tahun kemudian diberikan sertifikat untuk melakukan perawatan tingkat dasar dan diberikan gelar Dokter Jawa (Javanese Doctor), gelar dokter jawa diberikan karena hanya diberi izin untuk membuka praktek di wilayah Hindia Belanda, terutama di daerah pulau Jawa.  Akhirnya pada tahun 1875 waktu untuk belajar di sekolah ini menjadi 7 tahun dan pada tahun ini pula pertama kali diberi8kan gelar untuk  Dokter Medis (Medical Doctor) yang kita kenal sekarang ini sebagai dokter umum.

Pada tahun 1898, di tempat ini juga pemerintah kolonial mendirikan sekolah baru untuk melatih tenaga medis, yaitu STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen). Pendidikan di STOVIA berlangsung selama 9 tahun: 3 tahun setingkat SMP, tiga tahun setingkat SMA, dan tiga tahun lainnya setingkat Diploma. Banyak lulusan STOVIA yang kemudian memainkan peranan penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1924 pemerintah kolonial mendirikan RHS (Rechts Hogeschool) yang merupakan sekolah administrasi  yang bertujuan untuk memenuhi tenaga administrasi sipil rendahan Pemerintahan kolonial belanda. sekolah inilah yang menjadi cikal-bakal terbentuknya  Fakultas Hukum UI sekarang ini.

Pada tahun 1927 status dan nama STOVIA berubah menjadi GHS (Geneeskundige Hogeschool) atau  Gedung pendidikan dan pelatihan kedokteran yang digunakan.  GHS inilah kemudian saat ini diteruskan  menjadi gedung Fakultas Kedokteran UI. sebagian besar alumni GHS yang kemudian berperan besar dalam pendirian Universitas Indonesia.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (BPTRI) didirikan di Jakarta. BPTRI memiliki tiga fakultas, yaitu Kedokteran dan Farmasi, Sastra, dan Hukum. Pada tahun yang sama, institusi ini berhasil meluluskan 90 orang sebagai dokter.  Namun ketika tentara kolonial Belanda kembali menguasai Jakarta di akhir tahun 1945, BPTRI dipindahkan ke Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Pada tanggal 21 Juni 1946 NICA mendirikan sebuah Nood Universiteit atau Universitas Sementara di Jakarta. Pada tanggal 21 Maret 1947, nama Nood Universiteit diganti menjadi Universiteit van Indonesie (UVI). Akhirnya, setelah Jakarta berhasil diambil alih kembali, pemerintah mengembalikan BPTRI ke Jakarta dan menggabungkannya dengan Universiteit van Indonesie, dan memberinya nama baru Universiteit Indonesia (UI).

UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.P Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universiteit Indonesia awalnya berkedudukan di Jakarta, tepatnya di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke salah satu bangunan bekas pabrik madat di Jl. Samlemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 kemudian dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

Awalnya, UI memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota, yaitu Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Ilmu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat, serta Fakulteit Sastra dan Filsafat di Jakarta; Fakulteit Ilmu Alam dan Ilmu Pasti, Fakulteit Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Lembaga Pendidikan Guru Menggambar di Bandung; Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan di Bogor; Fakulteit Ekonomi di Makassar; Fakulteit Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya.

Pada tahun 1955, Undang-Undang No. 10 tentang pengubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disyahkan, sehingga sejak itu, Universiteit Indonesia secara resmi diubah namanya menjadi Universitas Indonesia.

setelah namanya berubah kembali maka secara berangsur-angsur fakultas-fakultas UI yang berada di daerah memisahkan diri membentuk lembaga pendidikan sendiri. Pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung terbentuk dan berkembang menjadi Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada 1 September 1963 Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI memisahkan diri pula menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini menjadi perguruan tinggi pertanian terkemuka bertaraf internasional. Fakultas di Surabaya menjadi Universitas Airlangga dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin. Pada 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan kini berubah kembali menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Ketika Orde Baru dimulai pada tahun 1966, pemerintah menunjuk beberapa guru besar UI untuk menduduki jabatan menteri dengan tujuan untuk memulihkan kembali situasi ekonomi nasional. Sejak saat itu, UI secara konstan telah memberikan kontribusi nyata pada usaha-usaha pemerintah untuk meraih kemakmuran nasional.

Pada tanggal 26 Desember 2000 melalui Peraturan Pemerintah RI Nomor 152 tahun 2000, UI ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri mandiri berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Dalam status tersebut, UI wajib lebih mengedepankan kinerja pengelolaan sebuah universitas publik dengan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan transparansi.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More