Kamis, 19 Juli 2012

Cara Mudah Merawat Motor Matik

Perawatan sepeda motor matic memang sedikit lebih susah dibandingkan dengan motor jenis manual, harus ada sedikit perhatian lebih.
Ada sebagian orang cukup menyerahkan urusan teknis ini ke bengkel resmi, tapi bagi kamu yang hobby utak-atik motor pastinya ingin dong merawat sendiri motor kesayangan? OK, berikut beberapa tipsnya nya:
  • Disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik panaskan dahulu mesinnya, sekitar 1 sampai 5 menit, waktu sebentar itu sudah cukup untuk memanaskan mesin.
  • Pada saat mengendarai motor, pengendara jangan sering mengubah kecepatan laju motor, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Alasannya cara seperti ini bisa mempendek usia mesin.
  • Selalu cek kondisi tanki bensin, jangan membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. Mengisi bensin tak perlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf  E atau Empty.
  • Mengganti oli transmisi motor maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 1000 km.
  • Selalu periksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan Sobat Pusat Teknologi.
  • Perhatikan juga adalah memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil.
  • Selalu perhatikan ruang transmisi, di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.
  • Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker, maka ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km.
Motor matik memang jadi primadona sekarang ini karena lebih mampu menerobos kemacetan dan lebih fleksibel untuk pria dan wanita, apalagi di jalanan kota-kota besar yang setiap hari penuh kemacetan, disamping itu juga hemat BBM. Sudahkan Sobat merawat motor Anda dengan benar?
Sumber

Dalam Setahun, Wanita Habiskan 91 Jam untuk Dandan

Bersolek atau berdandan adalah naluri seorang wanita yang tak bisa dipisahkan. Maka tak heran jika wanita membutuhkan waktu lama untuk berhias.

Hal itu terbukti dari jajak pendapat yang dilakukan St. Ives facial scrubs pada 1.020 responden. Dari jajak pendapat itu terbukti jika rata-rata perempuan di Inggris menghabiskan 91 jam dalam satu tahun, hanya untuk berdandan di depan kaca. Artinya, seumur hidup perempuan membutuhkan waktu 43 pekan hanya untuk berhias.

Jajak pendapat tersebut juga membuktikan, perempuan yang tinggal di bagian selatan Inggris memiliki waktu yang lebih banyak untuk berdandan. Sekitar 12 persen dari mereka mengaku butuh 45 menit sampai satu jam per harinya untuk memoles wajahnya. Sedangkan perempuan di bagian utara, hanya delapan persen dari mereka yang mengakui hal tersebut.

Kebanyakan perempuan sebenarnya mengaku ingin mempersingkat waktu dandan mereka. Namun, hasil survei tersebut membuktikan hanya 13 persen yang merasa percaya diri dengan wajah asli mereka.

Bahkan, sembilan persen perempuan mengatakan, tidak mungkin pergi keluar tanpa berdandan. Dan ada satu persen perempuan yang mengaku butuh berdandan sebelum pergi berolahraga.

Banyak dari mereka juga ingin tampak sempurna di media online, dengan jumlah delapan persen perempuan memilih untuk menghabiskan waktu paling tidak 30 menit per pekan untuk mengubah gambarnya di Facebook. "Terlihat bahwa perempuan saat ini tidak senang dengan tampilannya tanpa dandanan. Seperti penelitian kami yang membuktikan, bahkan untuk memasukkan gambar ke Facebook saja, mereka harus melakukan pengeditan terlebih dahulu," kata Leah Doherty dari St. Ives seperti dikutip dari laman Dailymail.

Sayangnya, meskipun para perempuan Inggris tak bisa lepas dari dandanan, tapi hanya lima orang yang percaya bahwa temannya akan terlihat lebih baik jika berdandan. Namun, ada 41 persen yang merasa tidak mau memberitahukan tampilan natural teman mereka sebenarnya lebih baik dari dandanannya karena takut membuat mereka kesal.

Sumber : Republika.co.id

Kacamata ini Dapat Melangsingkan Tubuh

Ini pasti menjadi kabar baik bagi Anda yang sudah mulai putus asa dengan segala macam program penurunan berat badan. Lupakan diet keras tanpa hasil, para peneliti di University of Tokyo memberikan temuan ajaib untuk Anda.
Mereka menemukan "kacamata diet". Kacamata ini akan bekerja membantu mata untuk memilih makanan yang sehat, termasuk  mengurangi jumlah konsumsi makanan yang berlebih.
Kacamata canggih ini dilengkapi dengan augmented reality yang akan memperbesar ukuran makanan. Ketika peneliti melakukan percobaan pada kacamata ini, mereka menemukan mekanisme kerja kacamata yang mendorong penggunanya untuk makan dalam jumlah yang lebih kecil.
Anda akan melihat makanan tampak dua kali lebih besar dari ukuran sebenarnya. "Alat yang digunakan pada kacamata adalah alat standar realitas maya, yang dapat mempengaruhi indera untuk melihat sesuatu menjadi lebih besar," kata Michitaka Hirose, salah satu professor yang terlibat dalam penelitian tersebut, seperti di kutip Yahoo News.
Efek lain yang diberikan kacamata diet ini adalah mengubah rasa makanan secara virtual. Para peneliti menyebutnya "meta cookie". Ini akan mencegah Anda untuk ngemil yang tidak sehat. Jadi silakan menggunakan kacamata sihir ini untuk memulai program pelangsingan.
Sumber : VIVAlife

Kisah Kapal Rusia Terjebak Segitiga Bermuda

Kapal Rusia, Scorpius terjebak di Segitiga Bermuda
Sejak bertolak dari Pelabuhan 18 September 2011 lalu, Kapal Scorpius membawa misi hebat, mengarungi samudera selama 365 hari, mengelilingi dunia, melintasi Kutub Selatan dan Utara. Untuk memecahkan rekor dunia. 

Namun, kejadian tak diduga terjadi saat melintasi Trans-Atlantik, menuju Islandia. Kapal milik Rusia itu terperangkap badai di sebuah lokasi paling misterius dan dianggap angker di lautan: Segitiga Bermuda. 

Kepada situs media Rusia, Itar-Tass, juru bicara ekspedisi, Anna Subbotina mengungkapkan, kondisi cuaca buruk di tempat yang memiliki reputasi menakutkan bagi sebagian pelaut, mencegah Scorpius mencapai tujuan berikutnya. 

"Kapal pesiar itu tersambar petir di tengah badai kencang yang melanda pada Jumat 13 Juli 2012," kata Subbotina. Akibatnya, hampir semua sistem navigasi tak berfungsi, rusak. 

Dalam kontak radio Senin lalu, Kapten Kapal, Sergei Nizovtsev mengatakan, setelah diterjang badai, peralatan kapal dan telepon satelit masih bisa beroperasi, meski mengalami gangguan. Sementara koneksi internet terputus sama sekali. Kabar baiknya, semua kru selamat dalam insiden itu. 

"Angin kencang secara acak mengubah kecepatan dan arahnya," kata Nizovtsev. "Angin juga menciptakan pusaran air di beberapa titik di lautan."

Kadang-kadang arus balik memperlambat laju kapal, nyaris tak bergerak. "Bahkan mesin yang digeber dengan kecepatan penuh tak banyak membantu," tambah Kapten Nizovtsev.

GLONASS, satu-satunya sistem navigasi yang masih berfungsi di Scorpius menunjukkan koordinat keberadaan kapal, yakni 27 derajat 9 menit lintang Utara dan 64 derajat 50 menit bujur Barat.

Saat insiden terjadi, Nizovtsev mengatakan, tak ada kepanikan berlebih dalam kapal. Para kru, dia mengatakan, "tak percaya soal takhayul tentang kapal dan pesawat yang hilang misterius di Segitiga Bermuda."

Meski demikian, ia mengakui para kelasi melihat fenomena aneh di atmosfer selama badai menerjang 13 Juli lalu: awan vertikal yang menjulang dari air seperti dinding kabut. Juga lingkaran cahaya raksasa yang muncul dan kemudian menghilang di atas lautan. 

Misterius?
Tak ada nama Segitiga Bermuda dalam peta resmi. Ia hanya wilayah laut dalam garis imajiner yang menghubungkan tiga wilayah: Bermuda, Puerto Riko, dan Miami.

Di kalangan para pelaut, wilayah itu terkenal dengan kondisi cuacanya yang kompleks, dapat berubah sewaktu-waktu. Meski tak bisa dipastikan kapan cuaca akan berubah, ada sejumlah pertanda yang bisa dibaca: suhu turun dengan tajam, angin kencang, dan badai kuat.

Ada banyak kapal dan pesawat yang hilang di wilayah itu. Salah satunya kesatuan Penerbang 19 pada 5 Desember 1945 pukul 14.10 waktu setempat. Dilaporkan enam pesawat dan 27 orang hilang secara misterius.

Juga peristiwa hilangnya kapal induk USS Cyclops pada 1918, yang hingga saat ini jadi misteri terbesar dalam sejarah Angkatan Laut Amerika Serikat.

Berbagai macam dugaan aneh muncul, ada yang mengatakan alien yang bersembunyi di bawah lautan, portal ke dimensi lain, gas methan, lokasi Atlantis yang hilang, hingga rumah iblis, Dajal.

Namun, spekulasi liar itu dibantah oleh para ilmuwan, termasuk Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan National Oceanic and Atmospheric  Administration (NOAA).

Sumber : VIVAnews

20 Kandidat Gedung Tertinggi Dunia

Konsultan properti Jones Lang LaSalle mengungkapkan bahwa pada 2020 terdapat 20 gedung pencakar langit (skyscrapers). Gedung tertinggi di dunia itu nantinya dibangun dengan bentuk campuran antara hunian, perhotelan, dan perkantoran.

Kepala Riset Jones Lang LaSalle, Anton Sitorus, menuturkan, satu-satunya gedung tertinggi yang akan dibangun menjadi hotel adalah Makkah Royal Clock Tower Hotel di Mekkah.

"Sedangkan yang digunakan untuk perkantoran, hanya Ping An Finance Centre di Shenzen, One World Trade Centre di New York, dan Taipei 101 di Taipei," kata Anton kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

Menariknya, menurut Anton, dari daftar 20 gedung tertinggi di dunia pada 2020 tersebut, sedikit yang terdapat di Eropa dan Amerika. Sebab, sebagian besar gedung pencakar langit itu dibangun terpusat di Asia, terutama China.

Dia menambahkan, dari 20 gedung tertinggi di dunia tersebut, setengahnya berada di China, empat gedung lainnya di Asia, lima di Timur Tengah, dan hanya satu di Amerika Serikat.
"Yang membanggakan, tercantumnya salah satu gedung dari Indonesia yaitu Signature Tower yang berada pada deretan lima besar," tutur Anton.

Berikut, 20 skyscrapers pada 2020:

1. Kingdom Tower, Jeddah dengan tinggi 1.000 meter.
2. Burj Khalifa, Dubai 828 meter.
3. Ping An Finance Centre, Shenzen 660 meter.
4. Seoul Light DMC Tower, Seoul 640 meter.
5. Signature Tower, Jakarta 638 meter.
6. Shanghai Tower, Shanghai 632 meter.
7. Wuhan Greenland Centre, Wuhan 606 meter.
8. Makkah Royal Clock Tower Hotel 601 meter.
9. Goldin Finance 117, Tianjin 597 meter.
10. Lotte World Tower, Seoul 553 meter.
11. Doha Convention Center and Tower, 551 meter.
12. One World Trade Centre, New York, 547 meter.
13. Chow Tal Fook, Guangzhou, 530 meter.
14. Tianjin Chow Tal Fook Binhal Centre, 530 meter.
15. Dalian Greenland Centre, 518 meter.
16. Petrominium, Dubai, 516 meter.
17. Busan Lotte Town Tower, Busan, 510 meter.
18. Taipei 101, Taipei, 508 meter.
19. Kalsa Feng Long Centre, 500 meter.
20. Shanghai WFC, 492 meter.

Sumber : VIVAnews

7 Pilot Hebat di Dunia

1. Pilot Tanpa Lengan
 
Jessica Cox menderita cacat dan lahir tanpa lengan. Tak satu pun dari tes kehamilan ibunya menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Namun ia lahir dengan penyakit bawaan langka, tetapi juga dengan semangat yang besar.
Lulusan psikologi bisa menulis, mengetik, mengendarai mobil,menyisir rambutnya dan berbicara di telepon hanya dengan menggunakan kakinya. Ms Cox, dari Tucson, Arizona, Amerika Serikat, juga merupakan mantan penari dan bersabuk hitam ganda Tae Kwon-Do.

Dia memiliki unlimited SIM, dia menerbangkan pesawat dan dia dapat mengetik 25 kata per menit. Pesawat terbang yang biasa ia kendarai disebut Ercoupe dan merupakan salah satu dari beberapa pesawat terbang yang dibuat dan akan disertifikasi tanpa pedal.

Tanpa pedal kemudi Jessica bebas untuk menggunakan kakinya sebagai tangan. Butuh waktu tiga tahun, untuk menyelesaikan lisensi pesawat ringan nya. Dia memiliki tiga instruktur terbang dan berlatih 89 jam terbang, menjadi pilot pertama tanpa lengan.


2. Pilot Pemberani Walau Tertembak di Antara Matanya

Seorang pilot militer Inggris berhasil mendaratkan 20 penumpang ke tanah meskipun ia terkena peluru di antara matanya. Tugas Letnan Ian Fortune adalah mengangkut yang luka dari pertempuran antara pasukan Amerika dan Taliban di Provinsi Helmand, Afghanistan.

Ketika ia lepas landas dengan beban penuh korban, peluru memantul melalui helikopter dan mengenai Fortune di wajah. Peluru itu kemudian mengenai dan merusak stabilisasi sistem otomatis helikopter, sehingga helikopter sangat sulit untuk diterbangkan.

Walaupun darah mengalir ke matanya, Lt. Fortune tetap berjuang dengan manual kontrol selama delapan menit dan berhasil mendaratkan korban kembali ke Camp Bastion.

Presenter TV Mike Brewer berada di helikopter saat kejadian berlangsung. Dia mengatakan kepada Sky News:

"Itu menakutkan. Kami datang di bawah api yang seperti sedang menutup jalan. Kemudian setelah kami take off, Chinook tiba-tiba meluncur dari sisi ke sisi dan kami dengar pilot telah ditembak. Satu-satunya alasan kami tidak terjun langsung kembali ke padang gurun adalah karena keberanian dan keterampilan Ian dan kru lainnya.”

3. Pilot yang Mendarat di Jalan Tol


Frank Vogt adalah pilot Cessna lalu lintas yang kehilangan tekanan oli di ketinggian 1200 kaki dari tanah. Dalam kegelapan malam dini hari, daratan tampak seperti satu padang gelap, kecuali jalan tol tersebut.

"Aku tahu itu cukup luas, aku tahu itu cukup lurus. Tidak ada kabel, dan aku tidak melihat banyak layang," kata Vogt.

Dia beralasan bahwa karena lalu lintas tidak terlalu ramai, maka akan ada ruang yang cukup antara mobil sehingga mereka dapat memperlambat dan membiarkan dia melaksanakan rencananya.

Dia bahkan berhasil menarik Cessna nya ke sisi jalan, walaupun rubbernecking tak terelakkan. Saat itu lalu lintas diblokir sejauh satu setengah mil di kedua arah.


4. Pilot Termuda yang dapat Menerbangkan 5 Jenis Pesawat Berbeda

Evan Graham memiliki rekor sebagai pilot termuda yang dapat menerbangkan 5 jenis pesawat berbeda pada usia 16 tahun. Dia merayakan ulang tahun ke-16 nya dengan terbang sendirian menggunakan lima pesawat yang berbeda:

1. WWII vintage L-4 Piper Cub taildrager,
2.R-22 Robinson helikopter,
3.Cessna 150 Aerobat,
4. Robinson 44 Raven II,
5. 1965 Cessna 150.

6. Pilot yang Dapat Memperbaiki Pesawat dari Luar Saat di Udara

 
Salah satu kesulitan dari perjalanan udara adalah kemustahilan membuat perbaikan luar kokpit sementara kapal dalam penerbangan. Hal ini berlaku terutama jika masalah ini berpusat di sekitar ekor pesawat.

Dan masalah ini telah diselesaikan oleh James Terry, seorang pilot dari Miami, Florida. Dirinya juga seorang penemu yang menunjukkan alat pengaman untuk memperbaiki pesawat saat terbang.

6. Pilot yang Lolos dari Kematian Hanya Kurang dari 1 Detik

Orang yang terlontar dari pesawat di bawah ini adalah Kapten Brian Bews dan dia beruntung masih hidup. Pilot terampil ini beruntung masih berhasil untuk mengeluarkan dirinya sesaat sebelum CF-18 jet tempur yang diterbangkannya jatuh dalam latihan penerbangan.

Praktek latihan terbang ini berlangsung di Bandar Udara Lethbridge County dan tampaknya dalam persiapan untuk Airshow akhir pekan di Lethbridge, Alberta, Kanada. Tidak ada rincian persis mengapa jet tempur ini bisa jatuh.

7. Penumpang yang Berhasil Mendaratkan Pesawat Saat Pilot nya Meninggal di Udara

 
Ketika pilot dari pesawat bermesin ganda Beech pingsan dan meninggal dalam pertengahan penerbangan, penumpang Doug Putih dari Archibald, Louisiana, mengambil alih pesawat dan mendaratkannya dengan aman.

White, istri dan dua putrinya terbang dari Marco Island, Florida, ke Jackson, Mississippi, pada hari Minggu setelah menghadiri pemakaman bagi saudaranya White. Saat di tengah penerbangan, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan pilotnya.

Meskipun ia adalah seorang pilot mesin tunggal bersertifikat dan memiliki sekitar 130 jam terbang, dia tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat yang jauh lebih besar, seperti Super King Air pesawat dua mesin turboprop.

Dia mengatakan kepada putrinya, "Kalian kembali ke sana, dan aku ingin kalian berdoa!"

Meskipun White terdengar cukup tenang, ketegangan dapat tergambar jelas pada rekaman yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration sebagai pengendali di Fort Myers, Florida. Mereka mencoba berbicara padanya untuk menuntunnya mendarat di bandara terdekat.

Pada satu titik, controller bertanya apakah autopilot masih berjalan atau apakah white menerbangkan pesawat sendiri? "Aku dan Tuhan yang baik yang telah menerbangkannya," jawab White.

Sumber

Inilah 19 Hari Libur Nasional Tahun 2013

Klik gambar untuk memperbesar.
Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menetapkan jumlah libur nasional tahun 2013 sebanyak 19 hari. Libur nasional yang ditetapkan terdiri atas libur bersama dan cuti kerja. Libur bersama untuk tahun 2013 berjumlah 14 hari dan cuti bersama lima hari.
"Cuti bersama dan libur nasional ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas kerja, efisiensi, meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kemasyarakatan," kata Agung saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Selain itu, penetapan libur nasional ini juga dimaksudkan untuk memberikan kompensasi kepada pegawai negeri sipil (PNS), seperti rumah sakit dan pelayanan publik lainnya. "Untuk pelayanan publik lain, seperti perbankan, hari cuti bersama tergantung atau diserahkan kepada manajer yang bersangkutan," kata Agung.

Berikut tanggal-tanggal libur nasional tahun 2013:
Libur Nasional
Tanggal
Hari
Keterangan
1 Januari
Selasa
Tahun Baru 2013
24 Januari
Kamis
Maulid Nabi Muhammad SAW
10 Februari
Minggu
Tahun Baru Imlek 2564
12 Maret
Selasa
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935
29 Maret
Jumat
Wafat Isa Al Masih
9 Mei
Kamis
Kenaikan Isa Al Masih
25 Mei
Sabtu
Hari Raya Waisak 2557
6 Juni
Kamis
Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW
8-9 Agustus
Kamis-Jumat
Hari Raya Idul Fitri 1434 H
17 Agustus
Sabtu
Hari Kemerdekaan RI
15 Oktober
Selasa
Hari Raya Idul Adha 1434 H
5 November
Selasa
Tahun Baru 1435 H
25 Desember
Rabu
Hari Raya Natal
Cuti Bersama
5,6, dan 7 Agustus
Senin, Selasa Rabu
Hari Raya Idul Fitri
14 Oktober
Senin
Hari Raya Idul Adha 1434 H
26 Desember
Kamis
Hari Raya Natal

Sumber : Kompas

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More